Ustadz M. Herison, S.Ag Pimpinan Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah

Pemimpin Bersahaja

“Sosok pekerja keras, tegas dan mudah bergaul, ia adalah Ust. Muhammad Herison S.Ag, pemimpin yang bersahaja”.

Mungkin cukup bnyak yang tidak terlalu mengenal siapa beliau. Karena selama ini hanya nama beliau yang sering menggema dikalangan masyarakat sebagai guru di majelis-majelis ta’lim, tanpa mengetahui siapa sosok dibalik guru mereka tersebut. Maka tidak heran kalau ada pepatah mengatakan “tak kenal maka tak sayang”.

img_0337

Partisipasi Ust. M.Herison diacara bazar santri / wati Anshor Al sunnah

Sedikit berbicara tentang kesederhanaan beliau, yang sering kali menipu mata-mata yang belum pernah melihat beliau sebelumnya.  Siapa yang akan menyangka dibalik sosok yang sederhana itu, terbangun semangat yang kuat, impian yang tinggi, dan cita-cita yang luar biasa.

Ust. Muhammad Herison S.Ag lahir pada tanggal 13 Juni 1974, di desa Balai Jering, Kecamatan Kampar Utara, Kabupaten Kampar. Beliau berdarah suku Ocu asli, beliau sudah menikah dan memiliki Tujuh (7) orang anak. Ust. Muhammad Herison S.Ag dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas, pekerja keras dan mudah bergaul. Beliau sangat memperhatikan para guru, karyawan, dan terutama seluruh Santri/Wati Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah.

img_0446

Ust. M. Herison saat mengajar

Beliau selalu memberikan nasehat dan dorongan kepada Santri/Wati untuk selalu percaya diri dalam menggapai impian dan belajar dari semua pengalaman, beliau pernah mengatakan “Semua yang kita lakukan adalah belajar. Melihat adalah belajar, mendengar adalah belajar, dan merasakan juga termasuk belajar”. Ustadz Muhammad Herison S.Ag juga memiliki ciri khas tersendiri saat mengajar, terkadang beliau mengajar disertai dengan cerita-cerita insfirasi yang mampu membakar semangat santri/wati dan menghilangkan kejenuhan yang muncul ketika belajar.

Diluar jam efektif (sore hari) beliau ikut dalam kegiatan santri dibidang olahraga Tenis Meja, sebagai pemain sekaligus pelatih. Mungkin banyak yang tidak tahu, bahwa beliau merupakan seorang pemain tenis meja yang handal. Bahkan semasa beliau sekolah dulu, beliau dikenal sebagai pemain tenis meja yang cukup disegani dalam olahraga tersebut. Hal inilah yang membuat santri merasa bangga dan senang atas partisipasi beliau. Namun sayang, bakat beliau ini tidak dikembangkan karena kesibukan beliau memperdalam ilmu agama, bagaimanapun bagi beliau “ilmu agama adalah segalanya”.

img_0837

Peninjauan dapur umum oleh Pimpinan Pondok Anshor Al Sunnah

Soal pengalaman beliau, tidak perlu diragukan lagi. Sosok yang juga pernah menimba ilmu di King Saud University of Riyadh ini, pernah terjun dalam beberapa organisasi, seperti: menjadi ketua Kesiswaan di sekolah, anggota majalah Fikra di Saudi Arabia. Bahkan belia juga pernah berkecimpung di organisasi Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) kampar, dibidang Syariah dan Fatwa. Diluar negeri beliau juga memiliki prestasi gemilang, yaitu juara satu karya tulis di King Saudi Arabia untuk tingkat mahasiswa non- Arab Saudi. Salah satu prestasi gemilang, yang pernah diukir oleh putra bangsa dinegeri orang.

Ustadz Muhammad Herison S.Ag memiliki motto hidup yang cukup sederhana “Kalau tidak bisa berbuat baik kepada orang lain, maka jangan sakiti mereka. Jadilah orang yang berguna bagi Negara dan Agama” tutur beliau. Sebuah ungkapan yang singkat namun penuh makna. Sesuai dengan karekter beliau sebagai pemimpin yang bersahaja.

Tim Redaksi “Pondok Kita”:

Disusun oleh   : Vinna Oktafianto.

Anggota            : Elza Ardea Nadela dan Ika Rabiul Afni

Kameraman    : Muhammad Ulpiarnis, S.Sos

4 Responses to Ustadz M. Herison, S.Ag Pimpinan Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah

  1. eisz says:

    Ni guru pengajian sayaa

  2. M. Juni says:

    Semoga Ust. Herison tetap Istiqomah dalam memimpin PP. Anshor Al Sunnah tsb…

  3. khasbi Rahman al-hafis says:

    aku bangga dengan beliau, semasa aku sekolah di pondok dialah guru yg memberikan motivasi yg sangat luar biasa, semoga allah swt memberikan kesehatan, amin ya robbi

  4. Enggun nasuha says:

    Alumninya pun tersebar di dalam dan luar negri

    Mengeluarkan dai2 tangguh yg kan mnjaadi penerus alustad hafizhohulloh

    Itu tak luput dr taufik allah serta nasehat briliannya ustad herison..

    اسأل الله ان يحفظه ويزيده الحرص على الخير..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *